search blog me

Selasa, 24 Februari 2015

TRICK MEMANCING IKAN TOMAN

Ikan Toman atau dalam bahasa inggris biasa disebut red snake head , adalah sejenis ikan predator yang masih masuk dalam keluarga ikan gabus atau ikan haruan.Nama red snake head didapat karena kepala ikan ini mirip dengan kepala ular, dan ketika muda ikan ini memiliki warna agak kemerah merahan, atau mempunyai corak garis-garis merah.
Ikan ini memangsa ikan-ikan , kodok, dan serangga yang hidup di sekelilingnya.Ikan ini menyebar di Sumatera, Kalimantan, Thailand, dan daerah Asia tenggara lainya.Terutama daerah rawa gambut seperti Riau dan Kalimantan Tengah.
Ikan ini adalah ikan predator, yang sangat mudah di pancing, trick memancing ikan toman tidak lah sulit, asal anda memiliki peralatan yang sesuai.
Untuk memancing ikan ini, kita harus menyiapkan peralatan pancing yang kuat.Seperti katrol, joran(rood), dan benang minimal, yang mampu menahan tarikan ikan seberat 30 kg.
Saat day off atau libur kerja, saya dan rekan pemancing lainya, sering pergi memancing ikan ini, untuk mengisi waktu luang, dan itung-itung untuk kebutuhan lauk pauk di rumah.
Biasanya saya menggunakan teknik popping dalam memancing ikan toman, dengan menggunakan umpan tiruan yang biasa di sebut popper, terkadang saya juga menggunakan spinner.
trick-memancing-ikan-toma.jpg
Dengan catatan, spot tempat memancing bersih, tidak banyak sangkutan dan lumut yang mengapung seperti sungai-sungai kecil, tasik (danau) atau canal.
Tapi apabila spot tempat memancingnya di rawa dan banyak lumut dan tanaman air yang mengambang, saya akan menggunakan teknik tradisional dengan menggunakan pelampung, dan umpan daging ayam.
Berikut trick memancing ikan toman

  1. Tunggulah saat yang tepat untuk memancing ikan toman, biasanya ikan toman akan agresif pada jam 9.30 sampai dengan jam 14.00 ,karena bertepatan dengan jam makan ikan toman, di luar itu agak sulit untuk mendapatkan ikan toman.
  2. Kalau memancing di sungai, atau di air yang mengalir, tebarkanlah darah ayam ke dalam air, beberapa puluh meter sebelum spot tempat anda memancing, untuk memancing ikan keluar dari persembunyianya.
  3. Tunggu sejenak, dan anda sudah bisa mulai memancing.
  4. Apabila terjadi strike, atau umpan disambar ikan, disaat fight dengan ikan, jaga kenur/benang jangan sampai kendur, karena akan mengakibatkan ikan akan terlepas.
  5. Jaga agar ikan tidak menarik pancing ke pinggiran sungai yang banyak semak/kayu, karena kalau sempat tersangkut, kemungkinan benang akan putus ,atau ikan akan terlepas sangat besar.
  6. Ketika ikan sudah menyerah, gunakan jaring/serokan, untuk menaikkan ikan ke perahu atau ke darat, agar tidak terlepas saat memancing ikan.
toman-001.jpg
Mudah-mudahan trick memancing ikan toman ini bermanfaat bagi anda,selamat berburu ikan toman.http://zulfadli.yu.tl/trick-memancing-ikan-toman.xhtml

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar