search blog me

Senin, 23 Februari 2015

ikan baung

kamus:
Ikan Baung : Sejenis ikan lele yang biasa hidup di air tawar.    Baung adalah nama segolongan ikan yang termasuk ke dalam marga Hemibagrus, suku Bagridae. Ikan yang menyebar luas di India, Cina selatan dan Asia Tenggara ini juga dikenal dengan banyak nama daerah, seperti ikan duri, baong, baon (Malaysia.), bawon (Betawi), senggal atau singgah (Sunda), tagih atau tageh (Jawa), niken, siken, tiken, tiken bato (Kalimantan tengah), dan lain-lain.

Baung masih sekerabat dengan lele (bangsa Siluriformes). Nama marganya, Hemibagrus, berasal dari kata bahasa Latin hemi yang berarti “setengah” atau “separuh”, dan bagrus, yang dipungut dari pelafalan Muzarab bagre atas perkataan Yunani pagros, yakni nama sejenis ikan laut (Inggris: seabream).
- Kucur adalah sejenis umpan untuk memancing, khususnya terhadap ikan baung. Umpan kucur ini terbuat dari bahan dasar ikan. Sebelum menjadi umpan yg dinamakan kucur, ikan ini akan melalui proses pembusukan dengan bahan campuran kapas. Setelah masa atau proses pembusukan selesai maka ikan yg telah membusuk tersebut sudah siap utk djadikan umpan memancing. Perlu anda ketahui bahwa umpan ini mengeluarkan aroma yang tidak sedap disaat pemakaiannya.
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/06/15/mancing-ikan-baung-ditemani-hantu-wewe-gombel-kisah-nyata-565270.html

Posting Lebih Baru Beranda

0 komentar:

Posting Komentar