search blog me

Selasa, 24 Februari 2015

pengertian dan sejarah olahraga

Pengertian olahraga adalah segala bentuk aktivitas fisik yang kompetitif, bisa dilakukan secara santai atau terorganisir. Olahraga bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kebugaran fisik dan juga dapat memberikan hiburan. Ada banyak macam olahraga, dari yang bisa dilakukan satu orang atau tim.
Olahraga pada umumnya adalah kegiatan yang berbasis atletisme fisik atau ketangkasan fisik, dengan adanya kompetisi utama terbesar seperti Olimpiade yang mengakui olahraga memenuhi definisi ini, dan ada juga organisasi lain seperti Dewan Eropa yang menggunakan definisi bahwa olahraga itu menghalangi kegiatan tanpa elemen fisik dari klasifikasi sebagai olahraga. Komite Olimpiade Internasional (melalui ARISF) mengakui  catur sebagai olahraga non-fisik, meskipun batas jumlah permainan pikiran yang dapat diterima sebagai sebagai olahraga hanya sedikit. Olahraga biasanya diatur oleh serangkaian aturan atau kebiasaan, yang berfungsi untuk menjamin persaingan yang sehat, dengan adanya wasit atau pengambil keputusan siapa yang menang. Pemenang dapat ditentukan oleh oleh pemain dengan mencetak gol atau melintasi garis akhir, atau dengan keputusan wasit.
Jadi, definisi tepat yang membedakan olahraga dari kegiatan santai lainnya bermacam-macam tergantung  dari sumbernya, karena tidak ada definisi universal yang disepakati. Yang paling dekat tentang definisi olahraga mengacu pada  SportAccord, yang merupakan asosiasi terbesar untuk semua federasi olahraga internasional (termasuk asosiasi sepakbola, american football, bersepeda, olahraga berkuda, bisbol dan banyak lagi), karena SportAccord disahkan secara de facto.

Sejarah olahraga

Terdapat artefak dan struktur yang menunjukkan bahwa China melakukan kegiatan olahraga sejak 2000 SM. Senam sepertinya merupakan olahraga yang biasa di masa kuno China. Monumen untuk para Firaun menunjukkan bahwa sejumlah olahraga, termasuk renang dan memancing, adalah olahraga yang berkembang dengan baik dan secara berkala beberapa ribu tahun yang lalu di Mesir kuno. Olahraga lain yang biasa dilakukan di Mesir  antara lain lempar lembing, loncat tinggi, dan gulat. Sementara, olahraga pada zaman Persia kuno seperti seni bela diri tradisional Iran Zourkhaneh memiliki hubungan dekat dengan keterampilan perang. Di antara olahraga lainnya yang berasal dari zaman Persia kuno adalah polo dan jousting.
Berbagai macam olahraga disempurnakan pada zaman Yunani Kuno dan budaya militer dan pengembangan olahraga di Yunani mempengaruhi satu sama lain. Olahraga menjadi suatu bagian penting dari budaya mereka dan perlu diketahui bahwa Yunani yang telah menciptakan Olimpiade, yang pada zaman dahulu diadakan setiap empat tahun di sebuah desa kecil di Peloponnesus disebut Olympia.
Olahraga telah semakin terorganisir dan diatur dari saat Olimpiade kuno hingga abad ini. Industrialisasi telah membawa waktu luang meningkat menjadi warga negara maju dan berkembang, yang menyebabkan lebih banyak waktu bagi warga untuk menghadiri dan mengikuti olahraga penonton, partisipasi yang lebih besar dalam kegiatan atletik, dan meningkatkan aksesibilitas. Trend ini dilanjutkan dengan perjalanan media massa dan komunikasi global. Profesionalisme menjadi umum, lebih jauh untuk meningkatkan popularitas olahraga tersebut, sebagai penggemar olahraga orang-orang mulai mengikuti eksploitasi dari atlet profesional melalui radio, televisi, dan internet-semua sambil menikmati latihan dan kompetisi yang berhubungan dengan partisipasi amatir dalam olahraga.
 https://fairuzhinji.wordpress.com/2012/03/08/pengertian-dan-sejarah-olahraga/

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar