search blog me

Senin, 02 Maret 2015

Tips Dan Trick Mencari Batu Akik Disungai



Sudah tidak diragukan lagi kalau sungai adalah tempat yang cocok untuk mencari batu sejenis akik. sebenarnya batu batu tersebut bukan berasal dari sungai, batu batu tersebut sebagian besar berasal dari gunung yang di lewati aliran sungai tersebut.

Tanah yang di aliri aliran sungai tersebur sedikit demi sedikit terkikis oleh air dan membawa material material batu tersebut. di bawah ini merupakan tips dan trick bagaimana cara mencari batu akik di sungai.

1. ALAT
   Palu (untuk memecahkan/membelah batu bila batu berukuran besar)
  - Tang (untuk memotek batu yang berukuran kecil)
  - Cangkul dan linggis (untuk menggali apabila batu susah untuk di angkat)

2. CARA MEMBEDAKAN BATU
   - Biasanya warna batu akik sangat mencolok, berbeda dengan batu kali biasa
   - Walaupun permukaan batu terlihat kasar, tetapi permukaan batu tersebut sangat halus

3. TEMPAT STRATEGIS
   - Tempat yang sangat strategis untuk mencari batu akik tersebut adalah apabila di daerah aliran sungai tersebut terdapat cadas, untuk mencarinya carilah kurang lebih 10-20 Meter dari cadas tersebut, seperti yang di bahas di atas material2 seperti batu akik terbawa oleh arus sungai.
   - Carilah sungai yang dangkal dan arusnya sangat kuat/deras, karena bila aliran sungai itu deras material batu akik yang berasal dari gunung mudah di temukan.
   - Jarak dari gunung ketempat pencarian batu akik kurang lebih 3-5 KM.

mungkin ini sekedar tips dan trick dari saya,, dan ini telah terbukti saya mencari batu tersebut di daerah sungai cibeureum di cianjur, sungai yang bermata air di gunung gede. disana saya menemukan beberapa jenis batu. seperti batu akik panca warna, batu akik  kaladen pacitan, batu akik kinyang, batu akik sulaiman, fosil sempur  dan beberapa jenis batu yang belum saya ketahui.
http://myinject.blogspot.com/2014/11/tips-dan-trick-mencari-batu-akik.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar